KLH Metro Gelar Bimtek Sampah Jadi Rupiah


http://lampost.co/berita/klh-metro-gelar-bimtek-sampah-jadi-rupiah

2013-02-15 12:39:00
KLH Metro Gelar Bimtek Sampah Jadi Rupiah

METRO (Lampost.co): Kantor Lingkungan Hidup, Kota Metro, lakukan bimbingan teknis persampahan, yang diikuti perwakilan masyarakat, se-Kota Metro, di Gedung Sanggar Pramuka, Jumat (15-2).

Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Kota Metro, Maria Fitri Jaya Singa, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian lembaganya terhadap lingkungan. Maria mengatakan, bahwa sejak bayi lahir dari kandungan ibunya, sudah terbebani sampah seberat 0-,5 Kg. Oleh karenanya, mantan Kepsek SDN 4 Metro Timur, itu mengajak para peserta bagaimana cara mengatasi sampah menjadi rupiah.

Dijelaskan Maria, sampah merupakan sisa kegiatan sehari-hari manusia, yang berbentuk padat (UU No.18/2008). Kemudian sampah rumah tangga merupakan sampah yang berasal dari kegiatan sehari-hari dalam rumah tangga yang tidak termasuk tinja dan sampah spesifik dan juga pengelolaan sampah adalah kegiatan yang sistimatis, menyeluruh, dan berkesinambungan, meliputi pengurangan serta penanganan sampah (PP.No.81/2012).

Sebagai salah satu cara untuk pengurangan timbunan sampah yang biasanya berada diskupp rumah tangga, perlu adanya pemilahan. Pemilahan tersebut, kata Maria, dapat dilakukan berdasarkan jenis sampah, yaitu jenir Organik dan anorganik. “,Saya yakin, semua keluarga mulai dari orang tua, anak, sampai pembantu rumah tangga dapat melakukan kegiatan pemilahan sampah,” katanya. Jumat (15-2).

Dengan pemilihan tersebut, mempermudah dalam penentuan sampah. Sampah organik misalnya, dalam sekala rumah tangga dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan sendiri, diantaranya untuk dijadikan pupuk tanaman disekitar rumah. Selanjutnya sampah anorganik berupa plastik, dapat didaur ulang menjadi tas, mainan, serta beragam peralatan yang bahan pokoknya berasal dari plastik limbah.

Kemudahan lainnya jika dilakukan pemilahan sampah, maka limbah anorgani dengan mudah apat dijual dengan cara menj ual langsung kepada pengumpul. “Inilah cara yang dapat sama-sama kita lakukan dalam teknik persampahan kita jadikan rupiah,” kata Maria. (OGI/L-4)

Categories: Kegiatan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: